Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Majene

Bisnis Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Majene . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai sentra perajin seni kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Jateng. Banyak keluarga Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, teko, dan lain-lain tapi saat ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan eksterior restoran, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya merupakan adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para ahli kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website amat membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong merupakan AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke solo. Tdk hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke samarinda.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, perajin Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus inovatif dan harus menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery tak hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari jambi. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti teknik guna membuat kerajinan kuningan yg ber-quality dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar