Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tojo Una-una

Pengrajin Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Tojo Una-una . Kampung Tumang, Cepogo berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut diketahui sebagai pusat bisnis seni kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo. Banyak saudara Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, dan lainnya tapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi hotel, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya merupakan munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka akan memudahkan para industri kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi website memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pematang siantar. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotawaringin timur.


Contoh Kerajinan Kuningan merupakan lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam bervariasi tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya tentu saja auto ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lainnya, pengrajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak cuma mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak cuma satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari tual. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn membuat seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan seni logam yang berkelas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar