Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Yogyakarta

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Yogyakarta . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut dikenal sebagai sentra perajin seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga di sana membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, serta sebagainya namun masa ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai menarik dengan naiknya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke depok. Tdk sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solok.


Contoh Kerajinan Tembaga yakni robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga diwajibkan kreatif serta diwajibkan memantau keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior rumah tapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekedar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari pasuruan. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat seni logam yang ber-quality serta sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar