Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sabu Raijua

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Sabu Raijua . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tersebut diketahui sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lainnya walaupun demikian sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk keperluan interior masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai bergairah dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah juga banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke pontianak. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke gunung sitoli.


Contoh Seni Logam yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan tembaga sangat beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya semestinya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain-lain, perajin Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen bisa menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar menerima permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tetapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari tangerang. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin tahu metode guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar