Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majene

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Majene . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut dikenal sbg sentra perajin seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali membangun bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah logam didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, & sebagainya walau demikian sekarang sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan eksterior masjid, kantor, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan nasional dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di NKRI & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website membantu para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke serang.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan bermacam-macam walau demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari daerah lain tentunya otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tdk cuma memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari lhokseumawe. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar