Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Klungkung

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Klungkung . Kampung Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tersebut disebut sebagai pusat ahli seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, dan lain-lain tapi kini sudah berganti ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior masjid, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam daerah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke semarang. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke banten.


Contoh Seni Logam Kuningan ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer jg dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan sangat bermacam-macam tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini ialah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain-lain, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dpt mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga wajib kreatif dan wajib memantau permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tapi sudah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari kendari. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat seni kuningan, AA Gallery semakin paham cara guna membuat seni kuningan yang memiliki kualitas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar